WhatsApp Cloud API, Untuk Pelaku Bisnis

Jadi pelaku bisnis atau pengembang bisa menggunakan WhatsApp Cloud API untuk menyediakan layanan WhatsApp Business dengan fitur dan antarmuka yang dapat di kustom – WhatsApp Cloud API adalah tool berbasis cloud untuk pengembang, namun tetap di host oleh Meta. Berikut ini informasi lengkapnya.

Jadi pelaku bisnis atau pengembang bisa menggunakan WhatsApp Cloud API untuk menyediakan layanan WhatsApp Business dengan fitur dan antarmuka yang dapat di kustom.

META perusahaan induk dari WhatsApp, Facebook dan Instagram resmi meluncurkan layanan WhatsApp Cloud API yang merupakan versi cloud dari WhatsApp Business API.

Meta mengatakan WhatsApp Business API adalah platform premium untuk usaha skala menengah dan besar yang mengharuskan pelanggan membayar biaya langganan.

API (Application Program Interface) ini merupakan sebuah program yang di tujukan untuk membangun software WhatsApp.

“Hari ini, Saya dengan senang hati mengumumkan bahwa kami membuka WhatsApp untuk bisnis apapun, dengan ukuran berapapun di seluruh dunia dengan WhatsApp Cloud API.”

Itulah bunyi sambutan CEO META Mark Zuckerberg di Conversations 2022 seperti di kutip TechCrunch pada Minggu, 21 Mei 2022 kemarin.

“Hanya dalam beberapa menit, setiap pelaku bisnis atau pengembang bisa dengan mudah mengakses layanan kami. Membangun langsung WhatsApp yang dapat di sesuaikan.”

Menurutnya, semua itu bisa mempercepat waktu respons mereka ke pelanggan dengan menggunakan WA Cloud API.

Meta mengungkapkan platform Cloud API dapat membantu mitra memangkas biaya server yang mahal dan menyiapkan layanan pesan instan yang lebih cepat.

“Fasilitas ini juga menjadi solusi agar pelaku bisnis mendapat akses cepat ke fitur baru WhatsApp Business,” kata Zuckerberg dalam sambutannya.

“Untuk mitra kami, layanan baru ini akan menghilangkan biaya server yang mahal. Kemudia memberi mereka akses instan ke fitur-fitur baru,” ujar Zuckerberg.

Menurut WABetaInfo, Meta akan menghadirkan tool canggih dan opsional. Seperti dukungan tautan pendek yang khusus dan privat untuk memudahkan pelanggan memulai chat.

WA Cloud API juga memiliki kemampuan menautkan hingga 10 perangkat. Sehingga pengguna WhatsApp Business bisa mengelola obrolan dengan pelanggan secara lebih baik.

WA Cloud API juga telah digunakan oleh sejumlah perusahaan dalam negeri Tanah Air. Mereka adalah Indosat Ooredo, Bank Mandiri hingga AkuLaku.

sumber menit.co.id